21 July 2021

4 Cara Memilih Jenis dan Ukuran Sepeda Berdasarkan Tinggi Badan

Memilih ukuran sepeda yang sesuai dengan tinggi badan calon pengguna sepeda sangatlah penting. Selain agar dapat merasakan pengalaman bersepeda yang nyaman dan juga aman, ukuran sepeda yang tepat dapat membantu pengguna sepeda mengendalikan sepeda dan mendapatkan akselerasi yang optimal.

Tentu saja jika belum mengenal ukuran dan jenis sepeda, serta satuan ukuran yang digunakan, dapat membuat calon pesepeda bingung saat memilih sepeda. Bahkan, mungkin saja calon pesepeda membeli ukuran sepeda yang kurang tepat tanpa diketahui.

Berikut ini Tips dari ATR Cycling agar kamu membeli sepeda dengan ukuran yang tepat:

1. Kenali Jenis Sepeda dan Satuan Ukuran yang digunakan

Jenis sepeda yang berbeda mungkin saja menggunakan satuan ukuran yang berbeda. Misalnya Sepeda Gunung atau MTB (Mountain Bike) yang biasanya menggunakan satuan inci (inch) untuk menentukan ukuran frame sepeda, sedangkan Road Bike dan Touring Bike biasanya menggunakan satuan cm (centimetre) untuk menentukan ukuran frame sepeda.

Biasanya brand sepeda besar seperti United Bike sudah menyertakan ukuran sepeda yang dapat terlihat di frame sepeda seperti 15” (S) dan 17” (M) untuk MTB dan 44 (XS), 47 (S), dan 50 (M) untuk Road Bike.

Dengan memahami satuan ukuran sepeda seperti diatas, calon pesepeda sudah siap untuk menentukan ukuran sepeda melalui sizing chart dari ATR Cycling dibawah ini.

1. Gunakan Sizing Chart dari ATR Cycling

Mountain Bike

Bike Size

Wheel Size

Rekomendasi Tinggi Pengguna Sepeda

15” (S)

27,5”

160 cm -165 cm

15” (S)

29”

162,5 cm – 167,5 cm

17” (M)

27,5”

167,5 cm – 172,5cm

17” (M)

29”

170 cm – 175 cm

 

Road Bike

Bike Size

Wheel Size

Rekomendasi Tinggi Pengguna Sepeda

44” (XS)

700C

163 cm -168 cm

47” (S)

700C

167 cm – 172 cm

50” (M)

700C

170 cm – 175 cm


 

2. Kenali Wheel Size atau ukuran ban sepeda

Wheel size adalah ukuran diameter rim atau velg sepeda, dan biasanya tertera di ban sepeda baik di sepeda MTB, Road Bike, Touring Bike, bahkan Folding Bike atau sepeda lipat

Walaupun berhubungan juga dengan tinggi badan, biasanya variasi Wheel Size tidak terlalu berpengaruh bila dibandingkan dengan variasi frame size sepeda yang ditawarkan.

Beberapa Wheel Size menggunakan satuan Inci (inch), terutama pada MTB (27,5” & 29”), Folding Bike (16” & 20”), dan BMX (18” & 20”). Namun untuk Road Bike, Touring Bike, dan juga Gravel Bike menggunakan satuan C seperti 700C. Pelajari lebih lanjut mengenai Bike Wheel disini.

3. Mengukur Panjang Kaki saat mencoba langsung sepeda.

Ini adalah salah satu cara yang paling mudah untuk menentukan ukuran sepeda yang cocok dengan tinggi badan calon pengguna.agar nyaman saat digunakan. 

Pada saat mencoba sepeda, pastikan salah satu kaki dapat berposisi tegak lurus hingga pedal di posisi bawah (arah jam 6) saat duduk di saddle sepeda. Bila berhasil, maka sepeda tersebut sangat mungkin cocok dengan tinggi badan pengguna.

Saat melakukan tips ini, pesepeda juga direkomendasikan untuk mencoba berkeliling dengan sepeda agar dapat memastikan kenyamanan bersepeda dengan sepeda. 

Baik online dan offline, Toko ATR Cycling merupakan salah satu pusat sepeda terbesar di Jakarta. Pesepeda dapat memilih dan mencoba sepeda saat berkunjung ke toko dari berbagai brand serta jenis-jenis sepeda yang berbeda sambil berkonsultasi dengan ahlinya.

Back to List