20 September 2023

Apa itu Pedal Assist dan Bagaimana Kerjanya?

Anda mungkin sudah mendengar tentang semua manfaat berkendara sepeda listrik dan fungsi teknologi Pedal Assist membantu tenaga kayuh Anda. Anda mungkin ingin tau apa manfaat pedal assist dibandingkan dengan sepeda listrik yang tanpa pedal assist. Di ATR Cycling, kami ingin Anda sepenuhnya mendapatkan wawasan tentang sepeda listrik, jadi dalam artikel ini kami akan menguraikan pertanyaan apa itu pedal assist, bagaimana cara kerjanya dan apa manfaatnya? 

 

Apa Itu Pedal Assist ?

Pedal-Assist adalah fitur utama dari sepeda listrik, namun tidak semua sepeda listrik dilengkapi dengan pedal asist. Sepeda yang tanpa Pedal-Asist hanya dilengkapi dengan tuas gas (Throttle-Controled), jadi fitur Pedal-Assist merupakan nilai tambah yang diberikan produsen sepeda listrik seperti United dan Genio.  

Konsep Pedal-Assist: Saat Anda mengayuh, motor listrik akan aktif untuk meningkatkan tenaga pedal Anda. Ide teknologi ini adalah membuat kayuhan menjadi jauh lebih ringan. Sepeda listrik biasanya memiliki berbagai tingkat (level) pedal assist yang berbeda. Anda dapat memilih tingkat assistensi tinggi (daya dari motor listrik lebih kuat) yang membuat perjalanan Anda menjadi sangat mudah atau  Anda dapat memilih tingkat pedal assistensi yang lebih rendah (Eco) untuk membuat perjalanan Anda lebih berat namun dapat menghemat daya baterai dan memperluas jangkauan Anda.

Jika Anda sudah akrab dengan bersepeda, Anda akan menemukan bahwa saat pertama kali mengendarai sepeda listrik dengan pedal assist akan menjadi transisi yang alami. Perbedaan utamanya adalah bahwa saat motor aktif Anda hampir tidak merasakan dorongan (karena bekerja halus) namun sepeda akan lebih cepat berakselerasi dan membatu sepeda melaju lebih cepat. Anda juga akan mengalami tingkat torsi yang jauh lebih tinggi dari biasanya.

Contoh Pedal-Assist yang diaplikasikan pada E-MTB adalkah United E-Clovis yang masuk dalam kategori e-series.   Pedal Assist pada sepeda gunung biasanya berasa sangat natural, tampak ringan tapi bertenaga lebih besar karena didukung dengan baterai dan middle-drive motor yang berperforma. Level Pedal-Assist bisa dilihat pada panel display yang biasanya diletakkan di handlebar supaya pengguna bisa melihat dengan mudah. 

 

Bagaimana Cara Kerja Pedal-Assist? 

Sepeda pedal assist menggunakan sensor kadensi (cadance) yang terpasang dalam sistem penggerak sepeda (drivetrain). Saat Anda mengayuh, sensor tersebut mendeteksi setiap putaran pedal. Dari perangkat sensor ini kemudian mengirimkan sinyal ke motor listrik untuk memberi tahu seberapa banyak dorongan yang akan diberikan kepada Anda berdasarkan tingkat assistensi  (level)) yang Anda pilih.

 

Keuntungan Menggunakan Fitur Pedal-Assist 

Ada banyak manfaat bersepeda dengan sepeda pedal assist, teknologi ini sangat baik dan cocok untuk berbagai jenis orang. Jika Anda ingin berkendara lebih cepat, lebih jauh, atau mengatasi tanjakan dengan mudah, sepeda listrik dengan pedal assist adalah investasi yang sangat berharga.

 

Pedal-Assist mendorong pengendara lebih mandiri 

Sepeda listrik dengan pedal assist sangat bagus untuk memberikan kemandirian. Sepeda pedal assist juga sangat bagus untuk olahraga. Dengan berbagai mode pedal assist, Anda dapat memilih seberapa keras Anda ingin berkerja. Oleh karena itu, Anda dapat menyesuaikan perjalanan Anda sesuai dengan tingkat energi dan kebugaran Anda.

 

Pedal Assist pada E-Bike membuat orang menyukai olahraga 

Pedal assist memungkinkan Anda berkendara jarak yang jauh lebih lama sebelum merasa lelah. Akibatnya, Anda melakukan lebih banyak olahraga. Anda masih bisa mendapatkan latihan intens saat mengendarai sepeda listrik; hanya saja mereka membantu Anda berkendara lebih cepat dan lebih lama. Daya pedal yang dibantu juga memungkinkan Anda menjelajahi medan yang sebelumnya tidak dapat diakses. Sebagai contoh, sepeda gunung dengan pedal assist akan memungkinkan Anda mengakses jalur yang lebih menarik dan teknis. Orang yang memiliki sepeda pedal assist menjalani gaya hidup yang lebih aktif. Karena lebih mudah dikendarai, mereka mendorong orang untuk lebih sering menggunakan sepeda.

Cek Pilihan Sepeda Listrik/ E-Bike dari ATR Cycling 

Pedal-Assist pada Moped (sepeda listrik) membuat berkendara lebih jauh dan hemat energi 

Pedal-Assist juga umum disematkan pada moped (motor pedal) atau orang Indonesia sering menyebutnya sepeda listrik (selis). Contoh Moped adalah seperti Genio Easton, Genio Orby, United Salvador, United Dresden, Uwinfly, Goda, dll. 

Jika moped (sepeda listrik) Anda dilengkapi dengan pedal-assist maka akan sangat menguntungkan. Teknologi ini akan membuat baterai tidak cepat habis (hemat energi) karena sembari untuk kebugaran, pedal assist membuat Anda mengayuh tapi dengan tenaga yang lebih ringan karena dibantu didorong oleh motor listrik. 

Jika dalam rencana perjalanan Anda tampak lebih jauh dari biasanya, disarankan gunakan Pedal-Assist supaya jangkauan berkendara bisa lebih jauh. 

 

Sepeda listrik tanpa Pedal-Assist, hanya ada Throttle. Apa itu Throttle? 

Sepeda listrik dilengkapi dengan throttle, biasanya dioperasikan dengan tombol atau tuas yang dipasang di setang, baik untuk e-bike maupun moped. Sepeda listrik dengan tuas gas (throttle) belum tentu dilengkapi dengan pedal-assist. Sepeda listrik yang dilengkapi dengan pedal-assist adalah nilai tambah yang menguntungkan pengguna. 

Throttle memungkinkan Anda untuk mengendarai sepeda motor listrik atau skuter tanpa perlu mengayuh pedal, prinsipnya seperti tuas gas pada sepeda motor konvensional. Semakin Anda menarik tuas maka kecepatan bertambah. 

 

Pedal Assist Vs Throttle, lebih bagus mana?

Baik pedal assist maupun throttle mendorong sepeda listrik Anda maju dengan tenaga listrik. Tetapi apakah sepeda dengan throttle lebih baik daripada yang hanya memiliki pedal assist? atau sebaliknya? 

Anda dapat menggunakan throttle saat Anda ingin istirahat atau berkendara santai. Throttle memungkinkan Anda dengan mudah menjaga kecepatan dan melewati lalu lintas tanpa usaha dari tenaga pedal. Manfaat lain memiliki throttle adalah Anda dapat menggunakannya sebagai dorongan untuk melewati sepeda yang bergerak lebih lambat atau untuk mendaki bukit yang curam.

Namun, jika Anda ingin tetap aktif atau berolahraga sekaligus menghemat baterai, pedal assist adalah pilihan terbaik. Jika Anda memiliki sepeda listrik dengan throttle dan pedal assist, Anda dapat memilih sesuai dengan mood Anda.

Memiliki yang terbaik dari kedua dunia dalam sepeda seperti sepeda listrik dari Genio dan United membuat sepeda listrik Anda lebih serbaguna. Saran dari ATR Cycling, pilih sepeda listrik yang memiliki kedua fitur Pedal Assist dan Throttle akan lebih menguntungkan konsumen dan membuat moped lebih maksimal digunakan. 

Back to List