23 September 2023

Hybrid Bike #1: Serbaguna, Cepat dan Untuk Kebugaran

Sepeda hybrid merupakan jenis sepeda yang menggabungkan karakteristik dari Sepeda Gunung (Mountain Bike) dan Sepeda Balap (Road Bike). Hybrid bike juga seringkali dihubungkan dengan kategori sepeda Fitness. Fitness Bike digunakan untuk kebugaran bagi riders yang senang bersepeda. Untuk menjaga fisik tetap prima, dianjurkan agar menggunakan sepeda dengan kategori Hybrid ini. Sepeda ini merupakan jawaban bagi para riders yang bingung memilih sepeda gunung atau sepeda balap, baik itu karena rute atau bentuk sepeda yang berbeda.

 

Sepeda hybrid menjadi solusi penting bagi mereka yang menginginkan toleransi antara MTB dan Roadbike dengan mendapatkan benefit di kedua kategori sepeda tersebut!

 

Kenapa Harus Memilih Sepeda Hybrid?

Beberapa hal berikut akan membantu riders mempertimbangkan untuk memiliki Sepeda Hybrid: 

  • Serbaguna - adalah satu kata untuk Sepeda Hybrid, cocok untuk digunakan di berbagai medan, mulai dari jalan raya yang halus hingga jalan berbatu/ berkerikil (gravel). Hal ini membuat sepeda hybrid cocok untuk berbagai kebutuhan, mulai dari transportasi sehari-hari hingga bersepeda santai di akhir pekan. 
  • Kenyamanan - Sepeda hybrid memiliki posisi berkendara yang lebih tegak daripada sepeda gunung, sehingga lebih nyaman untuk digunakan dalam waktu lama. Selain itu, sepeda hybrid juga memiliki ban yang lebih lebar daripada sepeda balap, sehingga lebih nyaman untuk digunakan di jalan yang tidak rata. Geometri yang didesain khusus juga membuar sepeda hybrid lebih nyaman. 
  • Efisiensi - Sepeda hybrid memiliki frame yang lebih ringan daripada sepeda gunung, sehingga lebih efisien untuk digunakan di jalan raya yang halus.
  • Cepat - dibandingkan dengan sepeda gunung, tentu saja hybrid bike berasa lebih cepat, ditunjang dengan ukuran ban yang lebih ramping, chainring yang lebih besar dan gearing yang lebih bervariasi. 
  • Mudah bermanuver - seperti halnya karakter urban bike, hybrid bike juga sangat mudah untuk bermanuver kareng penggunaan flat-bar dan beberapa komponen yang lebih ergonomis. 
     

 

Sepeda Hybrid cocok untuk harian maupun petualangan di akhir pekan 

Sepeda Hybrid bisa menjadi transportasi sehari-hari. Sepeda hybrid merupakan pilihan yang tepat untuk digunakan sebagai transportasi sehari-hari, baik untuk pergi ke kantor, sekolah, atau beraktivitas lainnya.Juga bisa menjadi sepeda santai. Sepeda hybrid cocok untuk digunakan untuk bersepeda santai di akhir pekan atau liburan. Juga bisa digunakan untuk Bersepeda off-road ringan. Sepeda hybrid dapat digunakan untuk bersepeda off-road ringan, seperti di jalan setapak atau di medan berbatu. Banyaknya manfaat dari sepeda Hybrid tersebut pasti membantu para riders untuk bersepeda dan mengeksplor lebih banyak hal baru.

 

Tapak ban sepeda hybrid lebih lebar dibandingkan road bike

Lebar ban yang lebih lebar akan memberikan kenyamanan dan daya cengkeram yang lebih baik di jalan yang tidak rata, selain itu ada lagi kelebihan dari tapak ban yang lebih lebar : Traksi yang lebih baik. Tapak ban yang lebih lebar memiliki lebih banyak permukaan yang bersentuhan dengan tanah, sehingga memberikan traksi yang lebih baik. Hal ini penting untuk keselamatan, terutama saat berkendara di jalan yang basah atau licin. Kenyamanan yang lebih baik. Tapak ban yang lebih lebar dapat menyerap guncangan lebih baik daripada tapak ban yang lebih sempit. Hal ini membuat pengendara lebih nyaman saat berkendara di jalan yang tidak rata. Stabilitas yang lebih baik. Tapak ban yang lebih lebar dapat membantu menjaga keseimbangan sepeda saat berbelok atau menikung.

 

 

Pilihan Sepeda Hybrid Ekonomis dan Kompetitif: 

 

1. Genio Sweep R

Genio Sweep R adalah sepeda hybrid yang dirancang untuk riders yang bingung untuk menggunakan sepeda gunung atau road, dengan mengakomodir 2 tipe sepeda diatas, sepeda Hybrid Genio Sweep R menjadi salahsatu pilihan sepeda yang dapat dimiliki oleh riders, selain itu Genio Sweep R memiliki banyak kelebihan lagi yang menjadi poin penting untuk sepeda ini, antara lain:

  • Serbaguna. Genio Sweep R dapat digunakan untuk berbagai macam kegiatan, seperti bersepeda di jalan raya, bersepeda di jalan pedesaan, bersepeda komuter, dan bersepeda touring.
  • Nyaman. Genio Sweep R memiliki geometri frame yang nyaman untuk dikendarai untuk waktu yang lama.
  • Stabil. Genio Sweep R memiliki frame yang stabil, sehingga cocok untuk dikendarai di berbagai medan.
  • Mudah dirawat. Genio Sweep R menggunakan komponen-komponen yang mudah dirawat, sehingga tidak memerlukan biaya perawatan yang mahal. Terlebih Genio Sweep R dilengkapi dengan airless tire (ban anti bocor), membuat sepeda ini tidak perlu perawatan ekstra. 
  • Harga terjangkau. Genio Sweep R memiliki harga yang terjangkau, sehingga cocok untuk berbagai kalangan.

 

Selain itu, Genio Sweep R juga memiliki beberapa fitur khusus, antara lain:

  • Ban anti bocor. Genio Sweep R menggunakan ban anti bocor, sehingga pengendara tidak perlu khawatir ban bocor saat bersepeda.
  • Fork rigid. Genio Sweep R menggunakan fork rigid, sehingga lebih ringan dan responsif. Menggunakan hi-ten steel fork sehingga meredam getaran lebih baik. 
  • Sistem pengereman cakram. Genio Sweep R menggunakan sistem pengereman cakram, sehingga lebih efektif dan aman.

Secara umum, Genio Sweep R adalah sepeda hybrid yang serbaguna, nyaman, stabil, mudah dirawat, dan memiliki harga yang terjangkau. Sepeda ini cocok untuk berbagai macam kegiatan, seperti bersepeda di jalan raya, bersepeda di jalan pedesaan, bersepeda komuter, dan bersepeda touring.

Sepeda hybrid dengan rigid fork

Fork rigid memiliki tingkat yang lebih kaku dibanding fork dengan adanya suspensi, fork ini membantu penggunanya mengurangi banyaknya redaman dari setiap kayuhan yang dikeluarkan oleh riders, maka dari itu cocok jika fork rigid digunakan pada sepeda Hybrid yang membutuhkan lebih banyak kecepatan dijalan rata maupun sedikit berbatu. Selain itu, Berikut beberapa fungsi dan kelebihan untuk fork Rigid pada hybrid, antara lain:

  • Lebih ringan. Fork rigid pada hybrid lebih ringan daripada fork suspensi karena tidak memiliki komponen suspensi yang kompleks.
  • Lebih murah. Fork rigid pada hybrid lebih murah daripada fork suspensi karena tidak membutuhkan komponen suspensi yang kompleks.
  • Lebih mudah dirawat. Fork rigid pada hybrid lebih mudah dirawat daripada fork suspensi karena tidak memiliki komponen suspensi yang kompleks.
  • Lebih efisien. Fork rigid pada hybrid lebih efisien daripada fork suspensi karena tidak memiliki komponen suspensi yang menimbulkan gesekan.
  • Lebih responsif. Fork rigid pada hybrid lebih responsif daripada fork suspensi karena tidak ada komponen suspensi yang memengaruhi handling sepeda.

Kesimpulannya Fork rigid merupakan pilihan yang tepat untuk sepeda hybrid yang digunakan untuk kegiatan yang membutuhkan efisiensi, responsivitas, dan stabilitas. Genio Sweep R & Sweep FX, pilihan tepat untuk Hybrid Bike!

 

 

2. Genio Sweep FX

Genio Sweep FX  Secara umum sepeda ini hampir sama dengan Sweep R yang adalah sepeda hybrid yang dirancang untuk 2 medan sekaligus, Keduanya adalah sepeda hybrid yang serbaguna, nyaman, stabil, dan mudah dirawat. Sweep FX diposisikan oleh Genio Bike sepeda Hybrid-Gravel Bike, sepeda yang juda adaptif di medan berkerikil (gravel). Adapun beberapa kelebihan dari Genio Sweep FX, antara lain:

  • Frame: Genio Sweep FX menggunakan frame Aluminium Alloy AL6. Frame Aluminium Alloy AL6 lebih ringan dan tahan karat daripada frame Hi-Ten Steel.
  • Ban: Genio Sweep FX menggunakan ban ukuran 700x40C. Ban ukuran 700x40C memberikan kenyamanan dan stabilitas yang lebih baik di medan off-road.
  • Transmisi: Genio Sweep FX menggunakan transmisi 1 x 10 speed. Transmisi 1 x 10 speed memberikan perpindahan gigi yang lebih cepat dan efisien.
  • Rem: Genio Sweep FX menggunakan rem cakram hidrolik. Rem cakram hidrolik memberikan pengereman yang lebih kuat dan akurat.

Genio Sweep FX lebih cocok untuk pengendara yang menginginkan sepeda hybrid yang lebih ringan, nyaman, dan responsif. Lahirnya Sweep tidak bisa terlepas dari pendahulunya di genre yang lain seperti Genio Breaker 2 dan Genio Scappa GX. Kesuksesan Genio Breaker 2 — all rounder roadbike membawa riset sepeda 700C lebih lanjut, namun dalam fungsi yang berbeda, yaitu Hybrid bike dengan flatbar. Di genre lain ada Scappa GX yang menjadi inspirasi Sweep untuk juga adaptif di medan gravel.

 

Back to List